Kabar Emas
Harga Emas Dunia Bergerak Fluktuatif Jelang Pengumuman Data Inflasi
Treasury Author
Jumat, 12 Januari 2024

Dalam sepekan terakhir, harga emas turun 0,78% secara point-to-point. Namun selama sebulan ke belakang, harga masih naik 2,42%. Fluktuasi harga emas disebabkan oleh sikap investor yang cenderung wait and see. Pasar sedang menantikan rilis data inflasi Amerika Serikat (AS) yang akan keluar malam ini, Kamis (11/01/2023) waktu Indonesia.

 

Setelah sempat naik ke atas $2,030 per troy ons pada awal perdagangan, harga emas kehilangan daya tariknya dan turun ke arah $2,020 per troy ons di sekitar $2,025 per troy ons pada jam perdagangan kemarin. Harga emas sempat menguat karena turunnya yields AS dan karena melemahnya dolar AS dengan indeks dolar AS turun 0.19% ke 102.092, sehingga membebani harga emas selanjutnya. 

 

Harga emas berhasil pulih pada jam perdagangan sesi Eropa hari Rabu setelah yields obligasi treasury AS benchmark 10 tahun turun sementara fokus para investor bergerak ke arah data inflasi AS bulan Desember yang akan dirilis pada hari ini.

 

Pulihnya harga emas diperkirakan hanya berlangsung singkat dengan keyakinan para investor bahwa The Fed akan menurunkan tingkat suku bunganya pada bulan Maret, tergoncang sebagai akibat dari kondisi pasar tenaga kerja yang positip dan fakta bahwa Consumer Price Index (CPI) inti masih dua kali lipat dari yang ditargetkan di 2%. 

 

Konsensus pasar memperkirakan Inflasi bulanan (month-to-month/mtm) sebesar 0,2%. Lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 0,25%. Kemudian inflasi tahunan (year-on-year/yoy) diperkirakan sebesar 3,2%. Lebih tinggi dibandingkan November yang 3,1%.

 

Dengan inflasi yang  masih tinggi, The Fed diperkirakan sulit untuk menurunkan suku bunga acuan dalam waktu dekat. Padahal, penurunan suku bunga acuan jadi harapan utama harga emas untuk naik. Namun kalau inflasi lebih rendah dari perkiraan, maka akan memberi alasan bagi The Fed untuk menurunkan suku bunga acuan tahun ini dan akan mengerek harga emas 

 

Menurut analisis komoditas terbaru dari StoneX Bullion, harga emas berada pada posisi yang baik untuk memperoleh kenaikan lebih lanjut tahun ini karena ketidakpastian ekonomi dan politik yang sedang berlangsung. Risalah The Fed, jika digabungkan dengan data nonfarm payrolls pada akhir pekan lalu, membuat StoneX percaya lapangan kerja terus meningkat di sektor manufaktur dan pertumbuhan ekonomi masih meningkat, meskipun pada tingkat yang lebih lambat dari sebelumnya.

 

Oleh karena itu, terdapat ketidakpastian yang cukup besar dalam prospek perekonomian AS dan hal ini juga meluas ke Eropa, sementara perekonomian Tiongkok masih belum pulih. Semua ambiguitas ini menciptakan lingkungan positif bagi apresiasi harga emas.

 

“Harga emas cenderung tumbuh subur di tengah ketidakpastian (dan tentu saja kita tidak boleh melupakan geopolitik, yang saat ini mendukung dan atas dasar kemanusiaan kita harus berharap hal ini akan terjadi sebaliknya), dan ini menyiratkan prospek harga emas tetap positif,” tulis mereka.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!

 

Artikel Populer
Tips Keuangan
Bakal Dominasi Dunia Karier, Begini Karakteristik Generasi Z
Treasury Author
Sabtu, 15 Oktober 2022
Tips Keuangan
5 Cara Mengecek Emas Asli atau Palsu Anti Ditipu ala Treasury
Dayinta
Senin, 22 Juli 2024
Tips Keuangan
5 `Resep` dari Warren Buffet, Dijamin Makin Jago Kelola Duit
Treasury Author
Rabu, 22 Maret 2023