Kabar Emas
Ekspektasi Pemangkasan Suku Bunga Dinilai Berlebihan, Harga Emas Turun Sejenak
Treasury Author
Rabu, 06 Desember 2023

Harga emas di pasar spot sempat menembus All Time High (ATH) di level tertinggi pada perdagangan kemarin Senin (4/12/2023) yakni US$2.135,40 per troy ons, namun akhirnya ditutup merosot 1,99% di posisi US$ 2.029,74 per troy ons. Beberapa analis berpendapat bahwa lonjakan emas ke rekor tertinggi terlalu berlebihan sehingga 

aksi borong emas mulai kehilangan momentum.

 

Penurunan emas terjadi setelah para pedagang memangkas perkiraan penurunan suku bunga pertama oleh The Federal Reserve (The Fed) AS pada awal tahun 2024. “Meskipun pasar semakin meyakini jika The Fed akan melakukan pivot kebijakan tapi ini mungkin terlalu dini untuk melihat harga (tinggi emas) terus bertahan, pasar menjadi sedikit lelah,” ujar Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities, kepada Reuters.

 

Turunnya harga emas disebabkan karena naiknya permintaan terhadap dolar AS yang didorong oleh naiknya yields obligasi treasury AS. Indeks dolar AS naik 0.47% ke 103.670. Selain itu, kondisi harga emas yang sudah overbought secara teknikal, memicu aksi ambil untung dari trader futures jangka pendek, sehingga menekan turun harga emas lebih jauh.

 

Ketegangan geopolitik dan resiko resesi juga menahan harga emas. Pasar khawatir konflik Gaza berbalik menjadi krisis yang meluas setelah militer AS merespon terhadap serangan pemberontak Houti di Yaman. Sebagai respon terhadap serangan atas tiga kapal komersial di Laut Merah pada hari Minggu, AS menembak jatuh tiga drones.

 

Namun prospek ke depan dari harga emas secara fundamental kelihatannya masih tetap bullish sehingga mendukung munculnya para pembeli baru yang siap membeli dari bawah. Meskipun ketua Federal Reserve AS Jerome Powell pada hari Jumat minggu lalu, berusaha untuk memoderasi ekspektasi penurunan tingkat bunga, investor kelihatannya tetap yakin bahwa bank sentral AS ini sudah selesai dengan kampanye kebijakan pengetatannya.

 

Naiknya harga emas mencapai titik tertinggi sepanjang masa dalam beberapa hari terakhir. Salah satu penyebabnya adalah karena imbal hasil obligasi terus menurun dari puncaknya di bulan Oktober. Logam mulia dipandang sebagai aset safe-haven selama masa ketidakpastian. Kenaikan harga terjadi di tengah penurunan imbal hasil Treasury 10-tahun karena pasar mengantisipasi The Fed akan menurunkan suku bunga tahun depan. 

 

Analis pasar senior Oanda Asia Pacific Pte Ltd mengatakan penurunan tajam harga emas setelah mencapai level tertinggi lebih didorong oleh order stop loss. Dia juga mengingatkan adanya tren penurunan jangka pendek. Di sisi lain, harga emas telah didukung oleh beragam faktor, mulai dari gelombang aksi beli oleh pemerintah dan bank sentral hingga ketidakpastian geopolitik, dengan 41% populasi dunia akan mengikuti pemilihan umum tahun depan, termasuk di Indonesia.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!

 

Artikel Populer
Tips Keuangan
5 Cara Mengecek Emas Asli atau Palsu Anti Ditipu ala Treasury
Dayinta
Senin, 22 Juli 2024
Tips Keuangan
Bakal Dominasi Dunia Karier, Begini Karakteristik Generasi Z
Treasury Author
Sabtu, 15 Oktober 2022
Tips Keuangan
5 `Resep` dari Warren Buffet, Dijamin Makin Jago Kelola Duit
Treasury Author
Rabu, 22 Maret 2023