Kabar Emas
Harga Emas Terus Menguat, namun Masih Menanti Data Tenaga AS
Treasury Author
Selasa, 29 Agustus 2023

Harga emas dunia menunjukkan tren positif sejak awal pekan kemarin. Harga emas mengalami penguatan meski pelaku pasar masih menanti data pengangguran dan data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) yang akan dirilis akhir pekan nanti yang akan berpengaruh pada kebijakan bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) terkait suku bunga.

Harga emas di aplikasi Treasury hari ini, Selasa (29/08/2023) juga bergerak naik. Harga dibuka Rp973.320 per gram dan terus bergerak positif pada perdagangan pagi ini menyentuh Rp974.817 per gram (pukul 07:00 WIB). Sementara dalam hari ini harga emas di aplikasi Treasury naik 0.15 persen atau ada kenaikan RP1.497 per gram dari pembukaan awal. 

Sementara harga emas di pasar spot pada perdagangan Senin (28/8/2023) ditutup di posisi US$ 1.919,66 per troy ons. Harganya menguat 0,27%. Posisi penutupan kemarin adalah yang tertinggi sejak 8 Agustus 2023. Penguatan ini juga menjadi kabar baik setelah emas melemah pada perdagangan hari sebelumnya. Emas juga masih menguat pada hari ini Selasa (29/8/2023), harga emas ada di posisi US$ 1.920,22 per troy ons atau menguat 0,03%.

Fokus pekan ini menunggu data penting dari Amerika Serikat (AS) yakni pembukaan lapangan kerja JOLTS yang akan mengukur berapa banyak lowongan pekerjaan yang terbuka pada periode akhir Juli 2023. Pasar berekspektasi jumlah lapangan kerja baru yang akan tercipta bakal turun menjadi 9,465 juta, dari 9, 58 juta pada Juni 2023.

Investor juga akan mengamati data klaim pengangguran pada Kamis diikuti oleh data penggajian non-pertanian baru serta angka pengangguran pada Jumat pekan ini. Jika data-data tenaga kerja masih kencang bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) bakal bersikap hawkish.

“Pasar tenaga kerja yang masih kuat mencerminkan inflasi yang masih kencang juga artinya The Fed kemungkinan akan menjaga suku bunga di level tinggi untuk waktu yang lama. Emas bisa jatuh ke bawah US$ 1.900 jika data ekonomi masih kencang, demikian juga sebaliknya,” tutur analis dari TD Securities, Bert Melek, dikutip dari Reuters.

Namun, analis Kinesis Mooney yakni Carlo Alberto De Casa melihat pelaku pasar emas sepertinya sudah priced in dengan kenaikan. Pernyataan hawkish The Fed pun kurang berdampak ke emas. “Meskipun harga emas tidak naik tetapi minimal bertahan. Di dalam kondisi seperti ini, bertahan di harga saat ini adalah berita yang sangat bagus,” tutur Carlo.

Nilai tukar dolar AS melemah terhadap sejumlah mata uang utama dunia lainnya, membuat harga emas menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya. Imbal hasil obligasi dengan tenor 10 tahun yang dijadikan patokan bertahan di bawah puncaknya baru-baru ini.

The Fed sendiri memberi sinyal bakal  menaikkan suku bunga lebih lanjut untuk meredam inflasi yang masih terlalu tinggi, kata Ketua Fed Jerome Powell pada pertemuan tahunan di Jackson Hole, Wyoming pada hari Jumat lalu. Suku bunga yang lebih tinggi akan meningkatkan imbal hasil obligasi, sehingga membuat emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil menjadi kurang menarik.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp 5.000-an 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, sebab idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat Treasury bisa membeli emas dengan cukup mudah dan murah lho!. Kamu juga bisa membelinya secara online melalui aplikasi smartphone. Treasury menjadi platform yang tepat bagimu untuk investasi emas. Harga logam mulia yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini! Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!

 

Artikel Populer
Tips Keuangan
5 Cara Mengecek Emas Asli atau Palsu Anti Ditipu ala Treasury
Dayinta
Senin, 22 Juli 2024
Tips Keuangan
5 `Resep` dari Warren Buffet, Dijamin Makin Jago Kelola Duit
Treasury Author
Rabu, 22 Maret 2023
Koin & Perhiasan
Unik, Begini Cara Menghitung Mahar Nikah di Aceh
Treasury Author
Rabu, 07 September 2022