Kabar Emas
Harga Emas Turun 1 Persen, Kehilangan Amunisi Lawan Dolar AS
Treasury Author
Rabu, 12 Oktober 2022

Harga emas merosot lebih dari 1 persen karena dolar AS meningkat dan taruhan kenaikan suku bunga acuan The Fed meningkat. Dua hal ini mendorong emas ke level terendah dalam seminggu.

Di Treasury, harga emas hari ini berada di level Rp851.654. Selama seminggu, emas bergerak turun 2,43 persen. Di pasar spot, harga emas melorot 1,4 persen ke US$1.670,89 per ons dan emas berjangka AS melemah 2 persen ke US$1.675,2 per ons.

Logam mulia itu jatuh ke sesi keempat berturut-turut dan berpotensi menjadi penurunan terburuk sejak pertengahan Agustus 2022.

Direktur Perdagangan Logam di High Ridge Futures, David Meger, mengatakan kenaikan suku bunga dan dolar AS terus menekan emas. Keduanya ini memenuhi permintaan safe haven yang muncul dari eskalasi terbaru di ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina.

“Logam safe haven terpukul keras oleh indeks dolar AS yang lebih tinggi,” kata analis di Kitco Metals, Jim Wyckoff.

Dolar AS naik ke level tertinggi sejak 29 September 2022. Ini membuat harga emas dalam mata uang AS lebih mahal bagi pembeli luar negeri. Perkiraan kenaikan suku bunga The Fed sebanyak 75 basis poin kini naik menjadi 92 persen. Suku bunga acuan yang tinggi bisa menaikkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Analis Independen, Ross Norman, mengatakan emas kembali nyungsep ke US$1.680 per ons. “Emas akan tetap berada di bawah tekanan penurunan harga dalam jangka pendek,” kata Norman.

Kini, investor fokus kepada data inflasi utama AS yang akan dirilis akhir pekan ini. Pimpinan Federal Reserve Cabang Chicago, Charles Evans, mengatakan bank sentral itu masih bisa menekan inflasi tanpa berdampak kepada kenaikan angka pengangguran meskipun suku bunga acuannya dikerek. Pernyataan ini berpotensi membuat AS dan dunia menghadapi penurunan ekonomi yang tajam.

 

Ketegangan Geopolitik Meningkat

Sekadar informasi, Rusia menghujani kota-kota Ukraina dengan rudal penjelajah. Negeri Paman Sam menyebut serangan itu sebagai serangan mematikan. Serangan Rusia telah menewaskan warga sipil serta memadamkan listrik dan sumber energi lainnya. Serangan rudal terjadi setelah jembatan strategis untuk Rusia di Krimea rusak akibat ledakan. Ada kemungkinan militer Ukraina sebagai pelakunya.

Lalu, ditambah dengan provokasi Korea Utara terhadap Barat. Negara itu menguji coba rudal balistik di tengah kondisi geopolitik yang sudah tegang.

Wyckoff mengatakan, emas berjangka masih punya keunggulan jangka pendek yang solid secara keseluruhan. Logam mulia ini masih bisa mendapatkan kekuatan dari momentum ketegangan politik itu.

Memang, di samping perekonomian yang buruk, ketegangan geopolitik menjadi salah satu penyebab investor melirik emas sebagai safe haven. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki emas sebagai sarana investasi. Yaitu, mudah dicairkan, gampang ditemukan, serta tahan dari gerusan inflasi. Ditambah lagi, nilai emas juga tetap terjaga.

Kamu ingin berinvestasi emas, Sobat Treasury? Sekarang, investasi logam kuning ini makin gampang dan tidak perlu repot-repot pergi ke toko emas. Kamu bisa membeli emas secara online melalui aplikasi emas digital seperti Treasury. Treasury menyediakan emas dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es kopi susu kekinian, kan?

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2×24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!

 

Artikel Populer
Tips Keuangan
Cara Jitu Siasati Gaji yang Sering Habis di Tengah Bulan
Treasury Author
Selasa, 21 Juni 2022
Berita
📣Informasi Perawatan Aplikasi Treasury📣
Treasury Author
Jumat, 17 Maret 2023
Tips Keuangan
Awas Lifestyle Inflation Melanda, Atur Pengeluaran Jangan Banyak ‘Bercyanda’
Treasury Author
Selasa, 12 September 2023